Posted by : Unknown Senin, 29 April 2013



Walau memiliki 60 paten atas nama dirinya, Jack Kilby dinilai sebagai salah seorang insinyur elektro terbesar hanya karena satu temuan terbesar sepanjang masa: monolithic integrated circuit atau microchip (paten No. 3.138.743). Microchip menjadikan mikro prosesor dapat terwujud. Akibatnya, komputasi kecepatan tinggi dan sistem komunikasi pun menjadi sangat efisien, nyaman, dan mendunia.

Setelah mendapat B.S. teknik elektro dari University of Illinois (1947) dan M.S. dari University of Wisconsin (1950, juga di bidang teknik elektro), Kilby bekerja sebagai peneliti di Texas Instruments, Inc., di Dallas, Texas (1958). Dalam waktu setahun, Kilby berhasilmembuat apa yang oleh para insinyur dinilai tak masuk akal: monolithic integrated circuit berukuran kecil dalam sekeping material semikonduktor seukuran kuku manusia. Dalam acara presentasi temuannya, di IRE (Institute of Radio Engineers) Show pada 1959, para kolega kilby kagum den senang luar biasa dan komputer generasi keempat pun lahir.
Kilby lalu mengembangkan IC temuannya itu untuk diterapkan di bidang industri, komersil, dan juga militer. Termasuk pula pada kalkulator saku pertama (Pocketronic) dan kumputer yang menggunakan IC. Hingga pertengahan 1970-an, industri komputasi tidak akan berjalan tanpa adanya microchip, yang menjadi dasar mikroelekronika modern: tanpa keberadaan IC, tak akan ada komputer pribadi, mesin faks, telepon seluler, televisi satelit, atau sembarang sistem komunikasi massal,Sebagai soeorang penemu dan konsultan independe sejak 1970, Kilby memanfaatkan kesuksesannya untuk mendorong para insinyur dan penemu yang paling dikenal adalah dengan pendirian Kilby Award Foundation yang memberikan penghargaan pada individu yang memiliki prestasi luar biasa di bidang sains, teknologi, dan pendidikan. Jack Kilby dikagumi berkat kejeniusan dan kebaikannya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Kunjungi Juga

Total Tayangan Halaman

Powered By Blogger

Translate

Copyright © R Danu Pambudi -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan